Monday, May 13, 2013

Mari Menjemput Rezeki





1.       Taqwa dan tawakal
# “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)
#Rosulullah SAW Bersabda yang artinya " Sesungguhnya Allah berfirman, Wahai anak Adam, sibukkanlah untuk beribadah kepada-Ku, niscaya akan Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku tutup kefakiranmu. Jika tidak kamu lakukan niscaya akan Aku penuhi pada kedua tanganmu kesibukan dan tidak Aku tutup kefakiranmu" (HR. Ahmad)
# Nabi saw. Bersabda: “Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki, ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang.” (HR. Ahmad, at-Tirmizi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, al-Hakim dari Umar bin al-Khattab r.a.)

2.       Berdzikir
# “Barangsiapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan “La hawla Wala Quwwata Illa billah.” (HR. At-Tabrani)
# “Barangsiapa setiap hari membaca La ilaha illallahul malikul haqqul mubin maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur.” (HR. Abu Nu’ aim dan Ad Dailami)

3.       Shalat
# Firman Allah dalam hadits qudsi: “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (shalat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (HR. al-Hakim dan Thabrani)

4.       Istighfar
# “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS. Nuh: 10-12).
# “Barangsiapa memperbanyak istighfar (mohon ampun kepada Allah), niscaya Allah menjadikan untuk setiap kesedihannya jalan keluar dan untuk setiap kesempitannya kelapangan, dan Allah akan memberinya rezeki (yang halal) dari arah yang tiada disangka-sangka.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa’I, Ibnu Majah dan al-Hakim)

5.       Membaca Al-Qur’an terutama  Surah Al-Waqi’ah
# Abdullah bin Mas’ud r.a. mendengar Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa membaca Surah Al-Waqi’ah setiap malam, maka dia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.” Ia menambahkan, “Sungguh aku memerintahkan anak-anak perempuanku agar membaca Surah Al-Waqi’ah setiap malam.” (dikeluarkan oleh Abu Ubaid dalam Fadha’il Al-Qur’an, Bab. Fadhl Surah Al-Waqi’ah).
# Anas r.a. menuturkan, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Ajarkan istri-istri dan anak-anak perempuan kalian Surah Al-Waqi’ah, karena ia Surah memotivasi untuk kaya.”

6.       Berdoa
# “Barangsiapa mmbaca Surat Al Ikhlas ketika masuk rumah, maka berkah bacaan menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya.” (HR. At-Tabrani)
# Allahummakfinii bihalaalika’anharoomika wa aghninii bighodlika’ammansiwaak
Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karuniamu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu” (HR. Turmudzi; dinilai sahih oleh Al-Albani)
#" Ya Allah ,Apa yang ada di langit dalam genggaman-Mu , karuniakanlah kepada kami sifat qana'ah terhadap rezeki. Yang telah Engkau anugrahkan kepada kami,berkahilah rejeki itu untukku dan gantilah setiap milikku yang hilang dengan kebaikkan dan yang terbaik untukku "( HR.  Hakim)
# Rasulullah SAW bersabda: “Apabila kamu berdo’a janganlah berkata, “Ya Allah, ampunilah aku kalau Engkau menghendaki, rahmatilah aku kalau Engkau menghendaki dan berilah aku rezeki kalau Engkau menghendaki.” Hendaklah kamu bermohon dengan kesungguhan hati sebab Allah berbuat segala apa yang dikehendaki-Nya dan tidak ada paksaan terhadap-Nya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

7.       Bersyukur
# “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akanmenambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih “. (QS. Ibrahim: 7)
# Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya kemewahan dunia. Namun kaya (ghina’) adalah hati yang selalu merasa cukup (HR. Bukhari no. 6446 dan Muslim no. 1051)

8.       Bangun pagi
# Fatimah (putri Rasulullah) berkata bahwa saat Rasulullah saw melihatnya masih terlentang di tempat tidurnya di pagi hari, beliau saw mengatakan kepadanya, “Putriku, bangunlah dan saksikanlah kemurahan-hati Tuhanmu, dan janganlah menjadi seperti kebanyakan orang. Allah membagikan rezeki setiap harinya pada waktu antara mulainya subuh sampai terbitnya matahari.” (HR. al-Baihaqi)

# Aisyah juga menceritakan sebuah hadits yang hampir sama maknanya, yang mana Rasulullah saw bersabda: “Bangunlah pagi-pagi untuk mencari  rezekimu dan melakukan tugasmu, karena hal itu membawa berkah dan kesuksesan. (HR. at-Tabarani)

9.       Sedekah
# Sabda Nabi saw: “Tidaklah kamu diberi pertolongan dan diberi rezeki melainkan karena orang-orang lemah di kalangan kamu.” (HR. Bukhari)
# Rasulullah SAW: Sesungguhnya sedekah seseorang walau hanya sesuap, akan dikembang biakkan oleh-Nya seperti gunung, maka bersedekahlah (HR. Bukhari dan Muslim)
# "Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla menerima sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanannya, lalu memeliharanya untuk seseorang dari kalian. Seperti halnya seseorang diantara kalian memelihara anak kuda atau anak untanya. Sehingga yang sesuap pun akan menjadi sebesar gunung uhud" (HR. Bukhari)
#" Perumpamaan orang - orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai itu berisi seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (Balasan) bagi sesiapa yang di kehendaki-Nya (QS al-Baqarah 2:261)
# Nabi bersabda: bila seorang laki-laki memberi nafkah keluarganya semata-mata karena harapkan ridha Allah maka sama dengan dia memberi sedekah (HR. Bukhari)

10.   Berbuat kebaikan
# “Barangsiapa yang datang dengan (membawa) kebaikan, maka baginya (pahala) yang lebih baik daripada kebaikannya itu; dan barangsiapa yang datang dengan (membawa) kejahatan, maka tidaklah diberi pembalasan kepada orang-orang yang telah mengerjakan kejahatan itu, melainkan (seimbang) dengan apa yang dahulu mereka kerjakan.” (QS. Al-Qashash: 84)
# Nabi bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak akan zhalim pada hamba-Nya yang berbuat kebaikan. Dia akan dibalas dengan diberi rezeki di dunia dan akan dibalas dengan pahala di akhirat. (HR. Ahmad)
# Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tahukah kalian siapakah orang yang bangkrut itu?” Mereka menjawab : “Orang yang bangkrut di kalangan kami adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak pula memiliki harta/barang.”
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya orang yang bangkrut dari umatku adalah orang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun ia juga datang dengan membawa dosa kedzaliman. Ia pernah mencerca si ini, menuduh tanpa bukti terhadap si itu, memakan harta si anu, menumpahkan darah orang ini dan memukul orang itu. Maka sebagai tebusan atas kedzalimannya tersebut, diberikanlah di antara kebaikannya kepada si ini, si anu dan si itu. Hingga apabila kebaikannya telah habis dibagi-bagikan kepada orang-orang yang didzaliminya sementara belum semua kedzalimannya tertebus, diambillah kejelekan/kesalahan yang dimiliki oleh orang yang didzaliminya lalu ditimpakan kepadanya, kemudian ia dicampakkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim no. 6522)

11.   Menyambung (tali) Silaturahim
# Diriwayatkan dari Anas bin Malik ra. : aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda, “siapa pun yang ingin memperbanyak rezekinya dan berumur panjang, harus bersilaturahim dengan sanak kerabat”.(HR. Bukhari).

12.   Berdagang/berniaga
# Nabi saw bersabda: “Berniagalah, karena Sembilan dari sepuluh pintu rezeki itu ada dalam perniagaan” (HR. Ahmad)

13.   Bekerja mencari nafkah
# Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. ath-Thabrani dan al-Baihaqi)
# Sabda Nabi saw: “Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil (professional atau ahli). Barangsiapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah azza wajalla.” (HR. Ahmad)
# Barang siapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah. (HR. Ahmad)
#"Lebih baik seseorang bekerja dengan mengumpulkan seikat kayu bakar di punggungnya dibanding dengan seseorang yang meminta-minta (mengemis) lantas ada yang memberi atau enggan memberi sesuatu padanya." (HR. Bukhari no. 2074)


Labels:

5 Comments:

At June 19, 2014 at 12:27 AM , Blogger Unknown said...

Subhanalloh para pejuang muslim terima kasih , semoga perjuanganmu mendapat balasan yang berlipat ganda dunia dan akhirat,motivasi dan ketulus ikhlasanmu membimbing ke arah jalan yang mendekatkan diri kepada Alloh,semoga kita semua selalu mendapat keridhoan-Nya.Amiin
....ijin copy ya

 
At November 8, 2015 at 10:39 PM , Anonymous Obat Tradisional Jantung Koroner paling Ampuh said...

keren banget dehhh

 
At November 8, 2015 at 10:41 PM , Anonymous Pengobatan Jantung Berdebar secara Alami said...

semoga sukses buat semuanya. aamiin

 
At November 8, 2015 at 10:41 PM , Blogger Unknown said...

Agen Green World Denpasar Bali
Pengobatan Alami Peramping Badan yang Ampuh
Pengobatan Alami Rabun Dekat Tanpa Operasi
Obat Tradisional Penyakit Kanker Prostat Tanpa Operasi
Pengobatan Kanker Rahim Secara Alami dan Ampuh
Obat Herbal Pelangsing badan hanya dalam 1 Minggu
Obat Tradisional Kanker Usus Terbukti Ampuh
Pengobatan Kista secara Herbal tanpa Operasi
Cara Alami Menurunkan Berat Badan secara Herbal
Obat Tradisional Kelenjar Tiroid paling Ampuh
Bagaimana Cara Melangsingkan badan dengan Alami ?
Pengobatan penyakit Prostat Secara Alami
Obat Serba Guna
Apotek Jelly Gamat Gold G
Obat Liver Alami
Obat Herbal Paru-Paru Basah Pada Anak
Obat Herbal Usus Buntu Kronis
Vig Power Capsule Harga
Agen Green World Indonesia
Obat Sakit Pinggang Herbal Alami

 
At November 23, 2015 at 12:48 AM , Blogger Unknown said...

Terapi Obat Herbal
Obat Tradisional Tuberkulosis paling Mujarab
Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi
Agen Green World Mamuju Sulawesi Barat
Green World Cordyceps Plus Capsule
Pengobatan Alami dalam Mengatasi Kegemukan
Pengobatan Alami Mencegah Sakit Mata Akibat Radiasi Komputer
Cara Ampuh Menghilangkan Flek Hitam Akibat Faktor Usia

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home